Wednesday 1 July 2015

Apakah dan Bagaimana Caranya Ikan Tidur

Kebanyakan orang bertanya: Mengingat bahwa ikan mungkin perlu untuk menggerakkan sirip mereka terus-menerus untuk tinggal di tempat, maka apakah mereka pernah tidur?

Seperti tidur dan kadang lebih seperti mati suri. Sebagian besar spesies ikan menghabiskan waktu untuk beristirahat. Dan seperti kita, jika mereka tidak cukup istirahat, ikan mencoba untuk istirahat nanti. Tidur memiliki definisi sederhana yaitu meliputi kelopak mata tertutup dan pola gelombang otak tertentu di neokorteks; sehingga itu relatif mudah bagi para peneliti untuk menentukan kapan seseorang, mamalia lain atau burung tertidur.Definisi ini bermasalah untuk ikan, karena mereka tidak memiliki sebuah neokorteks atau kelopak mata. Dengan demikian, peneliti harus bergantung pada pengamatan perilaku untuk menentukan kapan mereka tidur.


Biasanya ketika ikan sedang "tidur," ada empat karakteristik yang diamati: (1) tidak aktif untuk waktu yang lama; (2) sikap istirahat (seperti ekor ke bawah); (3) rutin (seperti istirahat pada waktu yang sama, dan dengan cara yang sama, setiap hari); dan (4) penurunan sensitivitas terhadap lingkungannya (sulit dibangunkan).Ikan nila beristirahat di bagian bawah habitat mereka, sementara lele tidur siang pada sudut 10-30 derajat sepanjang bagian bawah, dengan ekor mereka datar dan sirip mengulurkan. Selain itu, beberapa spesies ikan bass terlihat tidur di bawah atau kayu, sedangkan ikan di sekitar terumbu karang sering bersembunyi di celah-celahnya pada malam hari. Pada banyak spesies ikan, selama periode istirahat, menurun gerakan mulut, insang dan matanya. Sedangkan ikan hiu bluehead dan requiem, kepekaannya menurun bahkan sampai para peneliti  mampu mengangkut mereka ke arah permukaan air tanpa ada reaksi apapun.Menariknya, beberapa spesies ikan tidak pernah tidur. Ikan mackerel dan bluefish berenang terus-menerus, dan meskipun mereka berkurang renangnya pada malam hari dibandingkan pada siang hari, mereka tetap responsif terhadap rangsangan 24 jam selama 7 hari non-stop. Hiu tanduk California, jauh lebih aktif di malam hari, meskipun tetap responsif terhadap gangguan.
Ikan lainnya tidak memberikan tanda-tanda tidur ketika mereka masih muda, tetapi mengembangkan pola tidur setelah mereka mencapai usia dewasa; yang lain yang biasanya tidur di malam hari, seperti ikan Tautog yang menangguhkan tanda-tanda tidur selama periode migrasi dan bertelur. Beberapa jenis ikan chichlids dan stickleback threespine akan mengorbankan tidur saat telur mereka masuk masa inkubasi - tidak untuk melindungi mereka, tetapi untuk mengipasi mereka (sehingga memberikan kelangsungan penyediaan oksigen).Sumber: Today I Found Out dot Com

No comments:

Post a Comment