Wednesday 6 May 2015

Apakah Sebab Terjadinya Pelangi

Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. Pelangi adalah gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lain. Di langit, pelangi tampak sebagai busur cahaya yang ujungnya mengarah pada horizon saat hujan ringan. Pelangi juga dapat dilihat di sekitar air terjun yang deras.

Saat sinar matahari melalui tetesan air (hujan misalnya), cahayanya tersebut dibengkokkan sedemikian rupa sehingga membuat warna-warna yang ada pada cahaya tersebut terpisah. Cahaya matahari pada dasarnya merupakan campuran cahaya berbagai warna. Di ruang hampa kecepatan menjalar semua warna sama dan maksimum, tetapi di dalam air kecepatannya berbeda-beda. Tiap warna dibelokkan pada sudut yang berbeda. Warna merah adalah warna yang terakhir dibengkokkan, sedangkan warna ungu adalah yang pertama.


Cahaya merah pada pelangi adalah spektrum cahaya yang memiliki panjang gelombang paling panjang ketimbang spektrum cahaya lainnya pada pelangi. Sehingga pada pelangi,  warna merah selalu berada di atas dan sebaliknya warna ungu selalu di bawah. Hal ini tidak lain disebabkan panjang gelombang cahaya ungu yang paling rendah.

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment