Friday 18 September 2015

Akankah Facebook Rilis Tombol Dislike

Facebook akhirnya mengikuti permintaan para pengguna untuk membuat fitur tombol 'dislike'. Fitur ini sudah lama diinginkan pengguna, sebab situs jejaring sosial populer tersebut selama ini hanya menyediakan tombol 'like' saja. Kepastian itu langsung disampaikan pendiri Faceook, Mark Zuckerberg dalam sesi tanya jawab di markas Facebook, Menlo Park, AS. Dikutip dari BBC, Rabu 16 September 2015, Zuckerberg mengatakan tombol 'dislike' telah diminta oleh pengguna sejak pertama kali Facebook memperkenalkan tombol 'like' pada 2009.

"Pengguna telah meminta tombol 'dislike' dalam beberapa tahun. Mungkin ratusan orang telah meminta ini, dan hari ini merupakan hari spesial sebab saya katakan tombol itu sedang dikerjakan dan sudah hampir selesai untuk dimunculkan," kata pria berusia 31 tahun tersebut.


Bos Facebook itu mengatakan tombol 'dislike' juga bisa dipakai orang untuk mengekspresikan empati. Zuckerberg menginginkan tombol 'dislike' tidak dipakai untuk menyatakan ketidaksetujuannya atas postingan seseorang. Ia mengatakan tombol 'dislike' dengan kata lain bisa digunakan untuk 'menyukai' unggahan yang menyedihkan dari pengguna, misalnya tragedi ataupun berita duka.

"Tidak semua momen adalah momen yang menyenangkan bukan? Jika kamu berbagi sesuat yang sedih misalnya krisis pengungsi atau anggota keluarga kamu meninggal, maka tombol 'like' mungkin bukan hal yang sesuai untuk kita merespons," kata dia.

Menanggapi fitur tombol tersebut, Andrea Forte, pakar sosial dan media partisipasi Universitas Drexel, AS menduga pengguna butuh waktu untuk memahami tombol 'dislike' tersebut.

"Mereka mungkin menggunakan tombol 'dislike' untuk mengekspresikan emosi negatif. Tapi saya ragu tombol itu akan menyebabkan mereka mulai ceroboh tidak menyukai gambar bayi, anjing, kucing teman mereka," ujar dia dalam email kepada BBC.
Forte menduga tombol 'dislike' akan dihadirkan untuk mengekspresikan ketidaksetujuan ringan atau untuk mengungkapkan solidaritas saat seseorang mengunggah tentang kejadian negatif misalnya kematian atau kerugian tertentu.

Sumber: Viva Teknologi Online (16-9-2015)

No comments:

Post a Comment