Wednesday 22 April 2015

Apakah Arti Cinta

Cinta secara bahasa adalah suka sekali dan senang sekali. Cinta secara istilah ialah rasa kasih sayang yang muncul dari lubuk hati yang terdalam untuk rela berkorban, tanpa mengharap imbalan apapun, dan dari siapapun kecuali imbalan yang datang dan diridhoi Allah.

Banyak tanda cinta yang bisa dijadikan indikatornya. Misalnya: sering menyebut/ mengingat pujaan hatinya, ingin selalu dekat dan bersamanya, takut jika kehilangan/ ditinggal, menyukai apa-apa yang disukai, dan membenci apa-apa yang dibenci kekasihnya, dll.

Dalam Islam, kasih sayang adalah identitas dan asas iman. Hal itu merupakan bukti pengaruh agama terhadap hati nurani, seperti halnya ia juga merupakan kesaksian jiwa manusia yang menurut istilah Islam belum akan diakui beragama bila ia tidak memiliki perasaan kasih sayang.


Allah berfirman: Katakanlah: “Jika bapak-bapak (para pembesar dan nenek moyang), anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada mencintai Allah dan Rasulnya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan (azab/siksaan)-Nya, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.( Al-Qur’an Surat At-Taubat, 9: 24)

No comments:

Post a Comment