Thursday 27 August 2015

Bagaimana Caranya Supaya Liver Kita Sehat

Tahu Anda bahwa Liver (Hati) merupakan salah satu organ yang mempunyai peran penting untuk tubuh kita? Liver adalah organ padat terbesar yang ada di dalam tubuh manusia. Organ ini sangat penting karena melakukan lebih dari 500 fungsi vital. Sel-sel liver mudah rusak karena gaya hidup salah namun relatif mudah juga menjadi baik jika mau mengubah gaya hidup tersebut.

Liver butuh banyak vitamin dan mineral agar bisa berfungsi maksimal. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Liver akan bekerja sangat keras kala kita banyak makan makanan berpengawet, berpewarna, dan lain-lain. Hindari makanan seperti itu. Wortel ternyata sangat bagus untuk liver karena dapat membersihkan organ tersebut. Sayuran hijau juga bermanfaat bagi liver.


Agar liver sehat, mulailah mengurangi konsumsi gula rafinasi, termasuk pemanis buatan. Lechitin yang banyak terdapat di kedelai berguna untuk membantu liver memetabolisme lemak dan menurunkan kolesterol. Liver sangat butuh dukungan multivitamin dan mineral untuk melaksanakan tugas menetralisir racun. Karena itu, jangan sampai kekurangan.

Brokoli mengandung sulfur yang bermanfaat bagi enzym detox di liver. Hindari makan dalam porsi yang terlalu banyak sebab akan menambah beban kerja liver, makanlah dalam porsi kecil dengan frekuensi sering. Makan makanan berlemak yang berlebihan, akan membuat liver terbebani kerja berat. Kurangi sedapat mungkin.

Makanlah terakhir tiga jam sebelum tidur agar liver bisa mempersiapkan diri menjalankan fungsinya pada malam hari saat kita tidur. Bagi yang suka gorengan, mulailah batasi makan gorengan agar liver tidak terlalu lelah bekerja, ini juga termasuk margarine. Liver suka sayuran hijau yang tidak terlalu lama dimasak namun harus dipastikan sayuran itu bebas dari penyakit / kontaminasi.

Sumber: Dokita Online

No comments:

Post a Comment