Thursday 22 October 2015

Bagaimana Mengembalikan File/ Apps yang Hilang dari Memori Card HP Android

Kemarin tiba-tiba separuh lebih apps di HP Android (ICS) saya yang hilang. Banyak icon apps di layar yang tidak saya temui lagi. Beberapa apps yang tersisa, muncul dengan icon robot hijau Android. Beberapa lagi tidak bisa di-run ketika dipilih; muncul pesan running stop. Alhamdulillah berbekal googling dan coba-coba, akhirnya HP Android saya bisa kembali seperti semula.

Gejalanya sudah terasa beberapa hari sebelumnya. Antara lain:
1. HP restart sendiri, atau waktu restart sering hang. Dan terpaksa harus main kasar dengan cara melepas batere.
2. Ketika tap ke aplikasi tertentu, HP langsung hang. Layar touch screen tidak responsif.
3. Icon apps berubah gambar menjadi logo robot hijau Android.

4. Banyak apps yang tiba-tiba hilang/ tidak muncul di layar menu program.
5. Saat dilihat di menu "Storage", USB Storage masih muncul/ terdeteksi dan ada isinya; dilihat dari angka free dan used space-nya. Namun uniknya, saat dibuka lewat aplikasi File Explorer/ Manager, ternyata isinya kosong!
6. File Galery menyusut drastis. Banyak album yang hilang.
7. Tidak bisa download file gambar/ foto dari apps media sosial semacam Whats App.
8. Unmount memori SD gagal dilakukan. Bahkan menghapus pun tidak bisa. Namun demikian, masih bisa uninstall apps.
9. File isi memori SD masih terbaca lewat card reader PC, tapi tidak bisa lewat kabel USB yang menghubungkan HP dgn komputer.

Jika sahabat mengalami hal serupa, jangan panik dulu seperti saya. Setelah saya backup ke PC, saya dengan terpaksa sampai mencoba menghapus semua isi memori SD RAM. Untungnya GAGAL! Dan satu hal yang saya sesali, saya terlanjur uninstall apps. Untungnya hanya satu saja. Saya juga sempat terbersit pikiran untuk FORMAT memori card. Untungnya saya memilih repair disk terlebih dulu, dan berhasil.

Bagaimana solusinya?
Disk Repair. Kita perbaiki memory card-nya. Caranya lewat PC/ Laptop yang bisa membaca memori card tersebut atau bisa juga lewat USB card reader. Setelah terdeteksi oleh File Explorer (Windows):
1. Klik kanan di drive card memori tersebut.
2. Pilih menu Properties.
3. Pilih menu tab Tools.
4. Pilih menu Error-checking.
5. Centang pilihan fix file system errors dan recovery bad sectors. Klik Start.
6. Tunggu sampai proses selesai.

Dan alhamdulillah setelah dipasang ke HP, semua aplikasi muncul kembali. Kecuali yang sudah terlanjur saya uninstall. OK, Semoga tips ini bermanfaat :)

Note: 
Sekedar saran supaya tidak terjadi kembali hal serupa, maka:
1. Hindari pengisian memori card sampai penuh. Kira-kira 80% sudah maksimal. Semakin penuh isinya, maka akan semakin lama proses baca-tulis dari dan ke memori. Ini menyedot sumberdaya prosesor, dan menimbulkan panas.
2. Hindari penggunaan HP yang terlalu lama secara intensif. Misal main game grafis terus menerus, menonton video streaming, dan semacamnya. Sama dengan poin pertama, ini juga menimbulkan panas. Temperatur yang panas kurang bersahabat dengan memori card.

No comments:

Post a Comment