Friday 14 August 2015

Mengapa Wapres JK Mengatakan Respon KPK Tak Jelas

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan sengaja tak melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam menelusuri rekam jejak enam menteri yang baru dilantik. Berbeda dengan penyusunan menteri pada awal pemerintahan Presiden Joko Widodo. Komisi antirasuah diminta menelusuri rekam jejak calon menteri Kabinet Kerja.

Ini alasan Kalla, "Kan kami belajar dari yang dulu. Kadang juga respons KPK itu tak jelas," ujar Kalla, di kantornya, Kamis, 13 Agustus 2015. "Merah, kuning, kami tidak tahu apa itu alasannya."


Saat menggodok susunan Kabinet Kerja tak lama setelah dilantik, Presiden Joko Widodo memberikan nama-nama calon menteri kepada KPK untuk ditelusuri rekam jejaknya. KPK saat itu memberikan label berwarna merah dan kuning bagi para calon menteri yang dianggap bermasalah dan mempunyai rekam jejak buruk.

Kalla menilai pemberian label itu tak jelas. KPK dinilai hanya memberikan label tanpa fakta yang konkret. "Ya, dulu juga tidak jelas apa artinya itu merah-kuning. Tidak ada bukti-buktinya juga dan banyak  yang kemudian ternyata tidak punya dasar yang baik," katanya.

Sumber: Tempo Online

No comments:

Post a Comment