Saturday 30 May 2015

Bagaimana Cara Membuat Blog/ Weblog

Blog adalah singkatan dari weblog. Jika ditulis terpisah menjadi web log. Ada yang mengartikan blog sebagai binary log, artinya catatan biner. Ada pula yang mengartikannya sebagai web log, yang memiliki makna catatan yang ditulis di web/ internet. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).


Ada banyak situs yang menawarkan pembuatan blog secara gratis (free). Artinya pengguna (pemilik blog) tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali untuk mempunyai blog. Prosesnya pun begitu mudah. Pengguna hanya tinggal pilih ini dan itu, mengisikan beberapa data, kemudian jadilah blog yang diinginkan. Syarat utamanya adalah pengguna harus memiliki akun email terlebih dulu untuk dipakai sebagai media verifikasi.

Diantara banyak situs blog, dua yang paling ternama adalah blogger.com dan wordpress.com. Pengguna cukup melakukan registrasi dan kemudian langsung dipandu oleh sistem untuk membuat blog. Yang paling awal adalah memberi nama blog. Nama yang kita ketikkan akan dicek terlebih dulu, apakah sudah ada ataukah belum. Banyaknya pengguna blog, seringkali membuat susah tahap ini.

Langkah berikutnya biasanya adalah pemilihian theme blog. Baik blogger maupun wordpress sudah menyediakan banyak pilihan template blog. Pengguna tinggal mencari mana yang dirasa paling cocok. Mulai dari warna, susunan tempat/ bentuk, tema, dsb. Jika tahap ini selesai, maka jadilah blog kita. Selanjutnya tinggal mengatur konfigurasinya di menu settings.

No comments:

Post a Comment